Home » » DAHLIA "Simbol Keabadian"

DAHLIA "Simbol Keabadian"


DAHLIA "Simbol Keabadian"Bunga dahlia (Dahlia Hybrid) merupakan simbol kesederhanaan,keabadian. Tak salah banyak orang tua memberi nama Dahlia kepada anak gadisnya.
Dengan penampilan baru,kini Dahlia kembali diminati. Persilangan antar jenis menghasilkan Dahlia Hibrida dengan warna bunga dan variasi kelopak lebih beragam.
Dahlia masih tergolong famili compositae. Menurut literature,nama dahlia di berikan oleh ahli botani asal Swedia,yaitu Dr Andreas Dahl. Di indonesia sendiri,Dahlia di bawa masuk orang belanda pada masa penjajahan.

Multi Varietas
Sumber genetik Dahlia yang pertama kali di temukan adalah Dahlia Variabilis.
jenis itu kemudian di silangkan sehingga terbentuk varietas Dahlia baru,seperti Dahlia Nijinsky yang berbunga merah muda.
Kini lenih dari 20 lebih spesies Dahlia telah di hasilkan dan akan terus bertambah karena para ahli botani masih terus menyilangkan tanaman asal Meksiko ini.

Mudah Di Perbanyak
Dahlia termasuk tanaman perdu yang mudah di tanam,dengan cara memperbanyak memelaui biji,stek batang,umbi atau pemisahan-anakan.
Media tanam yang cocok adalah tanah kebun,kompos dan pasir halus dengan perbandingan 2:2:1. usahakan pH tanah berkisar antara 6,5-7,0. Jika tanah ber pH asam perlu dilakaukan pengapuran untuk menaikan pH.
pada prinsipnya Dahlia cocok dengan media yang gembur namun drainasenya baik atau tidak tergenang air.

Penyakit Tanaman
Dahlia termasuk tanaman yang rentan hama,kutu daun (Aphis sp.) dapat menyerang daun muda yang menyebabkan daun keriting dan tidak berbunga, Berantas hama itu dengan insektisida seperti perfekthion 400 EC,confider 200 LC atau desis 2,5 ES dengan dosis sesuai anjuran.
Pencegahan penyakit dapat di lakukan dengan menjaga kebersihan media tanam dan tidak berlebihan memberikan air siraman,jaga media tetap lembab namun tidak tergenang air.

Sarat Hidup Dan  Perawatan
Dahlia akan tumbuh subur dan berbunga jika di tanam pada dataran tinggi,sekitar 560 m-1.400 m di atas permukaan laut.
untuk suhu udara idealnya 10-15 derajat celcius dan usahakan cukup sinar matahari,kurangnya sinar matahari dapat menyebabkan daun dan bunga berwarna kusam.
Jika Dahlia di tanam di dalam pot,lakukan penyiraman setiap 1 hari sekali. Pemupukan juga perlu di lakukan secara berkala agar Dahlia tampil prima. Pada masa vegetatif,tanaman perlu di pupuk denagna KCL,urea dan TSP, perbandingan 1:2:1 denagn dosis 50gr per tanaman. Jika tanaman mulai berbunga beri pupuk TSP dan KCL dengan perbandinagn 1:1. Pupuk organik seperti kotoran ternak atau kompos juga perlu diberikan setiap 4 bulan sekali.

semoga bermanfaat
sumber: majalah Dokter Kita edisi 7

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Untuk Komentar Dan Waktu Luangnya Sudah Mengunjungi Blog Sederhana ini
Semoga Artikel ini Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Untuk Komentar Dan Waktu Luangnya Sudah Mengunjungi Blog Sederhana ini
Semoga Artikel ini Bermanfaat.

Terakhir Diperbaharui