Home » » Resiko Keseringan Menahan BAB (Buang Air Besar)

Resiko Keseringan Menahan BAB (Buang Air Besar)


Menahan BAB (Buang Air Besar)
Mungkin kita sering mengalami situasi dimana perut merasa mules ketika kita dalam situasi yang tidak mungkin di tinggalkan,atau dimana kita berada tidak ada WC umumnya, sehingga menahan untuk buang air besar (BAB) harus di tahan sedemikian rupa.
Nah,dampak bagi kesehatan jika kita terlalu ssering menahan BAB  bisa membuat sakit perut dan konstipasi atau tinja menjadi keras,sehingga untuk mengeluarkannya di butuhkan tenaga ekstra dan desahan yang keras..heheh
Tinja yang mengeras membuat pengeluarannya tidak lancar, bahkan bisa menyumbat usus. Ada pula yang mengatakan, racun-racun dalam tinja akan terserap kembali ke dalam tubuh.

Beberapa orang sudah memiliki siklus yang teratur untuk BAB. Ada yang selalu BAB begitu bangun tidur, ada juga yang melakukannya secara rutin sebelum tidur. Kalau BAB bisa lancar dan bisa tuntas, seharusnya tidak perlu dilakukan terlalu sering.
Terlalu sering maupun terlalu jarang BAB sama-sama harus diwaspadai. BAB yang terlalu sering bisa menandakan diare, baik disebabkan oleh infeksi atau sebab lain misalnya makan kepedasan. Sebaliknya, jarang BAB hingga berhari-hari juga bukan pertanda baik. Bisa jadi cuma konstipasi, bisa pula gejala kanker usus, jadi berhati-hatilah..dan jaga kesehatan anda.

Jadi buat sobat-sobat begitu merasa ingin buang air besar (BAB), ada baiknya tidak ditunda-tunda terlalu lama. Selagi tidak ada kesulitan untuk menemukan toilet, segera saja dieksekusi tanpa harus di tabung hheh

semoga bermanfaat
sumber : health.detik.com

1 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Untuk Komentar Dan Waktu Luangnya Sudah Mengunjungi Blog Sederhana ini
Semoga Artikel ini Bermanfaat.

Terakhir Diperbaharui