Home » » Benarkah Pakai Kacamata Bikin Mata Minus Anak Bertambah?

Benarkah Pakai Kacamata Bikin Mata Minus Anak Bertambah?


Mata Minus
Rabun jauh atau awam menyebutnya mata minus ini mudah dikoreksi dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak. Namun ada mitos yang menyebutkan penggunaan kacamata pada anak bisa membuat minus bertambah,benarkah?

Menurut spesialis mata bahwa,anak di usia kurang dari 20 tahun bisa bertambah minusnya,namun hal itu bukan karena pemakaian kacamata,namun perubahan panjang bola mata yang menyebabkan minus tersebut meningkat.

Rabun jauh terjadi karena bola mata lebih panjang dari normal sehingga cahaya yang dibiaskan kornea dan lensa mata jatuh di depan lensa. Seiring pertambahan usia anak, panjang bola mata juga akan menyesuaikan dengan pertumbuhan anak sehingga minus pada mata betambah. Biasanya minus pada mata anak cenderung stabil saat anak memasuki usia dewasa.

Ada beberapa faktor  tingginya minus pada mata anak yaitu orangtua yang sering terlambat memeriksakan kondisi mata anaknya,dan 
Sebaiknya orangtua melakukan pemeriksaan mata anak secara teratur. Menurut WHO dapat dilakukan sejak anak usia 6 bulan atau pada 3 tahun sebelum mereka masuk sekolah
Bila anak sudah memakai kacamata, sebaiknya orangtua mengecek mata anak setiap 6 bulan sekali atau lebih cepat jika memang lensa sudah buram.

Untuk meningkatkan kesehatan mata, ada baiknya anda sering mengasup makanan yang mengandung antioksidan untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan mata. Yang juga tak kalah penting adalah beristirahat, termasuk mengurangi paparan pemakaian gadget.


Semoga bermanfaat
editor :  sandra dewi
sumber: health.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Untuk Komentar Dan Waktu Luangnya Sudah Mengunjungi Blog Sederhana ini
Semoga Artikel ini Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Untuk Komentar Dan Waktu Luangnya Sudah Mengunjungi Blog Sederhana ini
Semoga Artikel ini Bermanfaat.

Terakhir Diperbaharui