Home » » Bahaya Kurang Yodium pada Ibu Hamil

Bahaya Kurang Yodium pada Ibu Hamil


 Bahaya Kurang Yodium pada Ibu Hamil Saat berbicara gizi yang dibutuhkan saat kehamilan, asam folat atau zat besi mungkin sudah kerap dibicarakan. Namun belum banyak yang menekankan penting konsumsi yodium dalam kondisi ini.
Yodium secara umum didapat dari garam fortifikasi yodium. Yodium merupakan zat yang memproduksi hormon tiroid, komponen penting bagi perkembangan otak bayi.

Sayangnya, banyak calon ibu yang belum menyadari pentingnya zat ini.
Padahal kekurangan yodium parah berhubungan dengan risiko anak pendek (stunting), keterlambatan pertumbuhan mental, bahkan mengurangi kinerja otak.

Menurut American Academy of Pediatrics
, peningkatan konsumsi makanan olahan membuat tidak tercukupinya kebutuhan yodium tubuh. Ini karena garam yang terdapat di makanan olahan tidak mengandung yodium.
Karena itu, peneliti merekomendasikan ibu hamil dan menyusui untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung 150 mikrogram yodium dan menggunakan garam beryodium. Selain itu, mereka juga perlu mengasup yodium dari makanan, sehingga total konsumsi mereka di antara 290 hingga 1.100 mikrogram per hari. Cukup mengonsumsi yodium,  selain meningkatkan perkembangan otak, juga dapat melindungi bayi dari ancaman-ancaman lingkungan tertentu, misalnya air dengan nitrat yang berlebihan hingga paparan asap rokok.


semoga bermanfaat
sumber: health.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Untuk Komentar Dan Waktu Luangnya Sudah Mengunjungi Blog Sederhana ini
Semoga Artikel ini Bermanfaat.

Terakhir Diperbaharui